Jumat, 16 Desember 2011

Essay Bahasa Indonesia

Indonesia Bahasa Ku

Bahasa merupakan pernyataan pikiran seseorang melalui lisan maupun tulisan yang menimbulkan arti dan dapat dimengerti oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu. Bahasa tersebut dapat menjadi ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa dapat menunjukkan asal-usul bangsa dan negara, pendidikan dan bahkan sifatnya. Oleh karena itu, perbedaan tersebut dapat dipersatukan dengan menetapkan bahasa persatuan yang mudah dipahami oleh semua orang dan tidak menimbulkan kesalahpahaman atau salah komunikasi. Indonesia sebagai negara yang memiliki wilayah kepulauan yang sangat luas, menjadikan bangsa Indonesia disetiap daerahnya memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Hingga pada 28 Oktober 1928, pemuda Indonesia mengikrarkan sumpah pemuda yang menyatakan bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Dengan adanya bahasa persatuan tersebut, bahasa Indonesia mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat berkomunikasi dengan seseorang yang berbeda daerah, latar belakang dan sosialnya dapat menggunakan bahasa Indonesia agar mudah dipahami maksud dan tujuannya. Dengan memanfaatkan bahasa Indonesia, kita dapat bepergian ke semua daerah di pelosok Tanah Air. Penggunaan bahasa Indonesia ini juga, kita dapat menyampaikan gagasan yang dapat diterima oleh orang lain, mempengaruhi orang lain, dan membuat orang lain yakin terhadap pandangan kita. Tidak hanya dari hal komunikasi saja, bahasa Indonesia juga dapat digunakan untuk berekspresi diri. Kita dapat menunjukkan identitas diri, menunjukkan pandangan dan pemahaman kita terhadap suatu hal. Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari merupakan cerminan diri sendiri maupun bangsa. Maka kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena bahasa Indonesia merupakan kepribadian bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia dalam peranannya sebagai bahasa nasional, memungkinkan berbagai suku daerah dapat bersatu tanpa menghilangkan kesukuan dalam sosial-budaya dan latar belakang daerahnya. Bahasa daerah tetap dipakai dalam situasi kedaerahan dan tetap berkembang, sehingga masyarakat tidak merasa bahwa bahasa daerahnya disaingi. Mereka menyadari bahwa bahasa daerahnya tidak mungkin digunakan berkomunikasi dengan orang dari daerah lain yang memiliki bahasa daerah yang berbeda. Oleh karena itu, pemakaian bahasa Indonesia itu sangat penting. Berbeda halnya dengan orang yang berada di kota besar menganggap bahasa Indonesia sebagai bahasa induk, bahasa Indonesia itu tidak penting. Namun sekarang bahasa Indonesia digunakan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dari kota besar sampai pelosok desa orang-orang memakai bahasa Indonesia. Ini merupakan bukti bahwa bahasa Indonesia memiliki peranan sangat penting dan memiliki makna tersendiri bagi bangsa Indonesia. 

Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang terbuka, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan kata baru maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing. Bahasa Indonesia perlahan-lahan tetapi pasti, berkembang dan tumbuh terus sesuai dengan perkembangan masyarakat yang memakainya. Pemakaian bahasa Indonesia oleh perkembangan masyarakat telah mendorong berbagai ragam bahasa Indonesia saat ini. Adapun bahasa Indonesia digunakan oleh masyarakat yang berbeda latar belakang, wilayah dan sosialnya memunculkan berbagai ragam kedaerahan dan ragam sosial. Ragam bahasa yang digunakan dalam keluarga atau teman sebaya menciptakan ragam sosial tersendiri. Keragaman bahasa itu berkembang sangat cepat sehingga bahasa Indonesia menjadi bahasa modern yang penuh kata-kata baru.

Sebagai pemakai bahasa Indonesia, orang Indonesia kurang terampil menggunakan bahasa. Suatu kelemahan yang tidak disadari namun terus berkembang. Kurangnya pemahaman ejaan yang benar membuat kita terbiasa mengucapkan ejaan yang salah. Hal ini berdampak saat kita menulis karangan atau tulisan ilmiah yang mengharuskan menggunakan ejaan baku dan benar. Banyak yang mengatakan bahwa bahasa Indonesia itu mudah. Memang benar mudah, namun karena meremehkan itulah membuat kita terkecoh dengan bahasa Indonesia itu sendiri. Sebagian besar dari kita sangat sulit mengucapkan bahasa Indonesia yang benar karena terbiasa dengan pelafalan yang salah. Untuk itu, perlu membiasakan pengucapan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pengaruh arus globalisasi membuat sikap masyarakat lebih mengutamakan penggunaan bahasa asing daripada penggunaan bahasa Indonesia sendiri. Namun kita seharusnya menghargai bahasa kita sendiri. Bahasa yang telah mempersatukan bangsa ini dari keanekaragaman budaya yang dimilikinya. Maka dari itu bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, karena bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu bangsa dan ciri khas dari bangsa Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar